GAGASAN BIROKRASI YANG EFEKTIF
TUGAS 3 PENGANTAR ILMU POLITIK
Paradigma
birokrasi yang harus dibangun adalah memaksimalkan pelayanan publik bagi
seluruh masyarakat. Namun demikian, seringkali yang terjadi adalah birokrasi
berjalan lamban, hanya menjadi alat bagi elit politik yang berkuasa, dan tidak
ada kreasi dan inovasi dalam pelayanan publik kepada masyarakat. Buatlah essay
yang menggagas agar birokrasi dapat berjalan maju sesuai dengan harapan anda
dan masyarakat pada umumnya!
GAGASAN BIROKRASI YANG EFEKTIF
Efektivitas
dan efisiensi secara bersama-sama sangat perlu diterapkan dalam penerapan Good Governance, karena suatu yang
efektif belum tentu efisien, demikian juga sebaliknya suatu yang efisien belum
tentu efektif. Suatu pekerjaan yang efektif belum tentu efisien karena hasil
dicapai itu telah menghabiskan banyak pikiran, tenaga, waktu, maupun benda
lainnya. Hal ini disebabkan karena efektif adalah melakukan pekerjaan yang
benar dan sesuai serta dengan cara yang tepat untuk mencapai suatu tujuan yang
telah direncanakan.
Penerapan prinsip efektivitas dan efisiensi ini
dimaksudkan untuk menyelesaikan tugas pekerjaan birokrasi secara cepat dalam
waktu singkat, ringkas dan tidak berbelit-belit (tidak lagi melalui banyak
meja), berprestasi tinggi, tidak mengalami pemborosan atau keborosan waktu
maupun dana dan daya, serta menghasilkan pelayanan yang berkualitas
(Adisasmita, 2011:2)
Pelayanan
publik yang baik merupakan salah satu indikator, apakah pemerintah sudah berhasil
melaksanakan birokrari yang efektif atau belum. Saya berpendapat bahwa
penerapan teknologi informasi pada layanan layanan publik pemerintah merupakan hal yang tepat. Dengan adanya
penerapan teknologi informasi pada pelayanan publik maka masyarakat bisa dengan
mudah mengakses dan mendapatkan informasi-informasi program, dan prosedur
pelayanan. Sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan merampingkan jalur
birokrasi. Tak di pungkiri wajah birokrasi di Indonesia di penuhi dengan
praktek “pungli”, ini menjadi semacam “kangker” yang mengakibatkan mengurangnya
kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Oleh karna itu sistem informasi
pada pelayanan publik sangat perlu di terapkan, sehingga praktek “ pungli”
dapat dihindari.
HARAPAN
MASYARAKAT
Fenomena
krisis kepercayaan masyarakat terhadap birokrasi terjadi. Birokrasi dicemoohkan,
disepelekan, bahkan ditentang kebijakan dan tindakannya. Terjadinya kesan
negatif dan krisis kepercayaan terhadap birokrasi tersebut disebabkan karena
birokrasi selama ini tidak bisa merespon keinginan warga masyarakat. Oleh
karenanya, usaha untuk memperbaiki struktur dan peran birokrasi pada saat
sekarang adalah suatu hal yang tidak terelakkan. Diharapkan kedepannya
Pelayanan publik yang diberikan oleh Birokrasi Pemerintah dilakukan lebih
efisien dengan tidak mengurangi dan mengubah pola pikir bahwa birokrasi menjadi
lebih komersial. Akan tetapi tetap pada upaya peningkatan pelayanan kepada
masyarakat. Dengan profesionalisme aparat dan keberdayaan birokrasi diharapkan
akan mampu melayani tuntutan pelayanan sektor publik tadi. Dengan demikian diharapkan
dapat menghilangkan kesan, bahwa pelayanan publik yang diberikan birokrasi pada
masyarakat sering dibuat dengan ukuran apa yang menurut birokrasi baik dan
perlu, bukan kesesuaian dengan para penggunaannya dalam hal ini kebutuhan
masyarakat
Comments
Post a Comment