GAGASAN BIROKRASI YANG EFEKTIF



TUGAS 3 PENGANTAR ILMU POLITIK
Paradigma birokrasi yang harus dibangun adalah memaksimalkan pelayanan publik bagi seluruh masyarakat. Namun demikian, seringkali yang terjadi adalah birokrasi berjalan lamban, hanya menjadi alat bagi elit politik yang berkuasa, dan tidak ada kreasi dan inovasi dalam pelayanan publik kepada masyarakat. Buatlah essay yang menggagas agar birokrasi dapat berjalan maju sesuai dengan harapan anda dan masyarakat pada umumnya!

GAGASAN BIROKRASI YANG EFEKTIF
Efektivitas dan efisiensi secara bersama-sama sangat perlu diterapkan dalam penerapan Good Governance, karena suatu yang efektif belum tentu efisien, demikian juga sebaliknya suatu yang efisien belum tentu efektif. Suatu pekerjaan yang efektif belum tentu efisien karena hasil dicapai itu telah menghabiskan banyak pikiran, tenaga, waktu, maupun benda lainnya. Hal ini disebabkan karena efektif adalah melakukan pekerjaan yang benar dan sesuai serta dengan cara yang tepat untuk mencapai suatu tujuan yang telah direncanakan.
Penerapan prinsip efektivitas dan efisiensi ini dimaksudkan untuk menyelesaikan tugas pekerjaan birokrasi secara cepat dalam waktu singkat, ringkas dan tidak berbelit-belit (tidak lagi melalui banyak meja), berprestasi tinggi, tidak mengalami pemborosan atau keborosan waktu maupun dana dan daya, serta menghasilkan pelayanan yang berkualitas (Adisasmita, 2011:2)
Pelayanan publik yang baik merupakan salah satu indikator, apakah pemerintah sudah berhasil melaksanakan birokrari yang efektif atau belum. Saya berpendapat bahwa penerapan teknologi informasi pada layanan layanan publik pemerintah  merupakan hal yang tepat. Dengan adanya penerapan teknologi informasi pada pelayanan publik maka masyarakat bisa dengan mudah mengakses dan mendapatkan informasi-informasi program, dan prosedur pelayanan. Sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan merampingkan jalur birokrasi. Tak di pungkiri wajah birokrasi di Indonesia di penuhi dengan praktek “pungli”, ini menjadi semacam “kangker” yang mengakibatkan mengurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Oleh karna itu sistem informasi pada pelayanan publik sangat perlu di terapkan, sehingga praktek “ pungli” dapat dihindari.


HARAPAN MASYARAKAT
Fenomena krisis kepercayaan masyarakat terhadap birokrasi terjadi. Birokrasi dicemoohkan, disepelekan, bahkan ditentang kebijakan dan tindakannya. Terjadinya kesan negatif dan krisis kepercayaan terhadap birokrasi tersebut disebabkan karena birokrasi selama ini tidak bisa merespon keinginan warga masyarakat. Oleh karenanya, usaha untuk memperbaiki struktur dan peran birokrasi pada saat sekarang adalah suatu hal yang tidak terelakkan. Diharapkan kedepannya Pelayanan publik yang diberikan oleh Birokrasi Pemerintah dilakukan lebih efisien dengan tidak mengurangi dan mengubah pola pikir bahwa birokrasi menjadi lebih komersial. Akan tetapi tetap pada upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Dengan profesionalisme aparat dan keberdayaan birokrasi diharapkan akan mampu melayani tuntutan pelayanan sektor publik tadi. Dengan demikian diharapkan dapat menghilangkan kesan, bahwa pelayanan publik yang diberikan birokrasi pada masyarakat sering dibuat dengan ukuran apa yang menurut birokrasi baik dan perlu, bukan kesesuaian dengan para penggunaannya dalam hal ini kebutuhan masyarakat


Comments

Popular posts from this blog

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penilaian arsip

Penilaian dan Penyusutan Arsip (ASIP4402)

TENTANG HIV AIDS DAN IMS